Home / Fenomena / Fenomena Aurora yang Indah, Bagaimana Bisa Terjadi?

Fenomena Aurora yang Indah, Bagaimana Bisa Terjadi?

Aurora yang Indah

Pada suatu malam yang sunyi dan berbintang, ada duduk di teras depan rumah anda. Kebetulan sekali anda merupakan warga negara Selandia Baru yang sedang menikmati malam anda dengan tenang. Tiba-tiba entah datang dari mana sebuah kilatan cahaya yang menyerupai api berwarna perpaduan antara hijau dan merah muda serta ungu berkelebat di langit malam yang berbintang. Cahaya yang menyerupai jembatan yang menghubungkan Bumi dan langit tersebut menari-nari dengan indah dan memanjakan mata anda. Anda yang mengamati sampai hampir lupa untuk bernapas dan berkedip. Cahaya yang anda ingin lihat selamanya itu kemudian memudar dan hilang. Semuanya menjadi terasa seperti ilusi. Cahaya tersebut bagaikan ilusi yang membuat anda terasa hidup. Itulah aurora, sebuah fenomena kosmik yang benar-benar indah.

Apa Itu Aurora?

Aurora merupakan fenomena yang berbentuk bagaikan cahaya yang menari-nari di langit malam. Aurora terjadi di atmosfer Bumi, tepatnya di ionosfer yangmerupakan bagian atmosfer yang penuh dengan ion. Fenomena aurora ini seringkali terjadi dan mungkin hanya akan terjadi di negara yang terletak jauh dari garis khatulistiwa. Negara yang sangat terkenal dengan fenomena auroranya adalah Selandia Baru yang merupakan negara subtropis dan terletak jauh dari garis khatulistiwa. Lalu apa hubungannya tempat kejadian aurora yang terjadi di ionosfer dan negara yang jauh dari garis khatulistiwa? Berikut adalah penjelasannya.

Bagaimana Aurora Bisa Terbentuk?

Aurora terbentuk karena adanya angin dari matahari atau yang biasa kita sebut sebagai angin surya yang membawa partikel bermuatan berinteraksi dengan medan magnet Bumi. Jika dijelaskan secara bertahap, tahapan terjadi aurora akan seperti di bawah ini:

  • Hampir semua planet di tata surya ini memiliki medan magnet yang melindungi planet dan seisinya dari radiasi luar angkasa yang berbahaya. Medan magnet memiliki peran besar untuk melindungi kelangsungan hidup dari seisi planet. Hampir tidak ada makhluk hidup yang tahan terhadap radiasi di luar angkasa tanpa adanya perlindungan khusus.
  • Lalu kemudian ada angin surya atau angin matahari. Angin ini terdiri dari elektron bermuatan tinggi dan sisanya merupakan proton. Dengan kata lain, angin ini sebenarnya adlaah gas yang partikelnya terionisasi dan menjadikannya plasma. Gas biasa tidak seharusnya memiliki muatan, tetapi karena panas matahari, gas ini memiliki muatan yang tinggi dan menjadikannya plasma.
  • Angin matahari yang melepaskan diri dari korona matahari kemudian berinteraksi atau lebih tepatnya mengenai medan magnet Bumi yang berada di Kutub Utara dan Kutub Selatan. Penjelasan yang lebih rinci adalah plasma yang mengenai medan magnet dari Bumi akan tertarik ke kutub-kutub Bumi. Kemudian akan terjadi fenomena yang disebut eksitasi dan relaksasi elektron. Hal inilah yang menyebabkan aurora berpendar dengan warna yang sangat indah.

Australis dan Borealis

Aurora terbagi menjadi dua berdasarkan tempat terjadinya. Sesuai dengan jumlah kutub yang ada di Bumi, Kutub Utara dan Kutub Selatan. Aurora yang terjadi di Kutub Utara atau di belahan Bumi bagian utara, namanya adalah aurora borealis. Sedangkan aurora yang terjadi di Kutub Selatan atau di belahan Bumi bagian selatan namanya adalah aurora australis.

Aurora di Planet Lain

Jangan salah, aurora juga terjadi di planet lain selain Bumi. Syarat terjadinya aurora adalah suatu planet memiliki medan magnet yang cuku kuat. Banyak planet di tata surya kita yang memenuhi kriteria tersebut. Beberapa planet tersebut adalah Jupiter dan Saturnus. Planet ini memiliki medan magnet yang cukup untuk memicu terjadinya aurora. Dengan cara kerja yang sama, angin matahari yang merupakan plasma berinteraksi dengan medan magnet dari Jupiter dan Saturnus kemudian terbentuklah pancaran cahaya yang tidak kalah indahnya dengan aurora di Bumi. Bahkan di beberapa satelit juga bisa terjadi aurora karena satelit tersebut memiliki medan magnet yang cukup.

Jadi, apakah anda sudah paham tentang bagaimana terjadinya aurora? Apakah anda berencana untuk melihatnya dalam waktu dekat? Jika iya, tempat terbaik yang bisa anda kunjungi adalah Alaska dan Islandia untuk aurora borealis dan Australia untuk aurora australis.

COMMENTS

Post your reply
We'll never share your email with anyone else.
Subscribe to our newsletter